Koreksilah diri sendiri dulu

September 28, 2008 at 3:19 am (Uncategorized) (, )

Ada artikel tentang cek dan ricek yang kudapat dari sini.

Penulis mengupas apa yang dilakukan oleh kedua belah pihak, yang masing-masing memperkeruh keadaan. Mari baca itu dan koreksi diri sendiri. Aku lepas tangan dari orang-orang yang membaca itu dan lalu berkata “Betul itu. Harusnya si fulan itu berlaku seperti itu”, dengan menuding pihak lain.

Pada saat ini pun umum terjadi, ketika tetangga, teman kerja, pejabat negara atau anggota legislatif kenalan kita suatu ketika mengalami peningkatan kondisi kehidupan, entah dengan memiliki mobil baru, rumah baru, menyekolahkan anak ke luar negeri dan lain-lain, hati kita lantas bertanya-tanya, kok bisa ya?

Namun daripada bertanya langsung, sebagian umat masa kini ternyata memilih diam sambil memendam curiga, atau kasak-kusuk membicarakan berbagai dugaan – menerima suap? korupsi? memanfaatkan kedudukan? – atau langsung melempar isu negatif ke tengah masyarakat begitu saja.

Sebaliknya, kalaupun ada seseorang yang berani bertanya, sang ‘sorotan’ cenderung merasa tersinggung, terancam, marah, atau balik menyerang si penanya dengan berbagai tudingan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: